Juli 2017 Kalsel Mengalami Inflasi Sebesar 0,48 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Selatan merilis perkembangan indeks harga konsumen / inflasi, pada bulan Juli 2017 di Kota Banjarmasin terjadi inflasi sebesar 0,48 persen. Dengan Laju inflasi kalender tahun 2017 (Juli 2017 terhadap Desember 2016) sebesar 3,26 persen dan laju inflasi “year on year” adalah 4,15 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan Diah Utami pada acara jumpa pers di Aula BPS Prov. Kalsel, Banjarbaru, Selasa (1/8) menjelaskan komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil tertinggi di Kota Banjarmasin antara nasi dengan lauk, telur ayam ras, semangka, undang basah, tongkol/ambu – ambu.

“Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi antara lain beras, emas perhiasan, bawang putih, celana panang jeans dan ikan laying/benggol,“ kata Diah.

Ia juga menambahkan di Kota Banjarmasin dari 7 kelompok pengeluaran, lima kelompok megalami kenaikan indeks harga yaitu kelompok bahan makanan sebesar 1,49 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,65 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,02 persen, kelompok kesehatan sebesar 0,50 persen, kelompok pendidikan dan olahraga sebesar 0,11 persen.

Sedangkan dua kelompok mengalami penurunan indeks harga yaitu kelompok sandang sebesar 0,20 persen, kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,01 persen.

Di tempat yang sama Kepala Badan Pusat Statistik juga mengatakan bahwa di Kota Tanjung pada bulan Juli 2017 mengalami inflasi sebesar 0,28 persen, dengan laju inflasi kalender tahun 2017 (April 2017 terhadap Desember 2016) terjadi inflasi sebesar 2,07 persen dan laju inflasi ” year on year” adalah 2,87 persen.

“Komoditas yang mengalami kenaikan harga dengan andil inflasi tertinggi di Kota Tanjung antara lain bayam, jagung manis, mie, bawang merah, dan cabai rawit” imbuhnya.

Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga dengan andil deflasi tertinggi antara lain kacang panjang, tomat sayur, bawang putih, sawi hijau dan terong panjang.

“Pada bulan Juli 2017 Kalimantan Selatan yang merupakan gabungan dari Kota Banjarmasin dan Kota Tanjung mengalami inflasi sebesar 0,48 persen, dengan laju inflasi kumulatif tahun 2017 mengalami inflasi sebesar 3,18 persen, dan laju inflasi “year on year” adalah 4,05 persen” tandasnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *