Perlunya Peningkatan SDM Bidang TI

Kepala Bidang Infrastruktur dan Persandian Diskominfo Provinsi Kalsel, Fahrudin Noor menyampaikan sambutan pada acara Bimbingan Teknis Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Kalsel Tahun 2019 di hotel Grand Dafam Banjarbaru, Selasa (30/4/2019). MC Kalsel/tgh

Dinas Komnikasi dan Informatika Provins Kalsel menggelar Bimbingan Teknis Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Kalsel Tahun 2019 di hotel Grand Dafam Banjarbaru, Selasa (30/4/2019).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kadis Kominfo Provinsi Kalsel yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Persandian Diskominfo Provinsi Kalsel Fahrudin Noor.

Fahrudin mengatakan manajemen aset teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu manajemen sistem yang menjadi perhatian dalam peraturan presiden nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Hal ini bertujuan untuk menjamin ketersediaan, optimalisasi pemanfaatan aset teknologi informasi dan komunikasi baik dari segi perangkat keras dan perangkat lunak,” katanya.

Selanjutnya ia membeberkan bahwa di Diskominfo Provinsi Kalsel untuk Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) kita itu mendapat nilai 3,05 masuk kategori rangking 10 besar.

“Mudah – mudahan nanti kedepannya banyak hal – hal yang perlu kita benahi terutama kami belum mempunyai perda tentang SPBE, maka dari itu ditahun 2020 kami akan menggarap perda tersebut untuk peningkatan nilai SPBE,” ungkapnya.

Bimbingan Teknis Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Provinsi Kalsel Tahun 2019 di hotel Grand Dafam Banjarbaru, Selasa (30/4/2019).
MC Kalsel/tgh

Lanjutnya ia mengatakan dengan semakin pesatnya dan cepatnya perkembangan infrastruktur dan teknologi informasi dan komunikasi maka perlu diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi.

“Ketersediaan SDM yang kompeten merupakan faktor penting untuk mendukung terlaksananya sistem pemerintahan berbasis elektronik ini,” pungkasnya.

Saya berhap dengan adanya bimtek ini akan dapat memberikan wawasan kepada peserta dalam menjalankan SPBE di daerahnya masing – masing.

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan satu hari ini dihadiri sebanyak 50 orang peserta yang terdiri atas Kepala Kominfo se-Kabupaten/Kota  dan mehadirikan narasumber dari PT Shen Samudra ntekoneksi Kalsel Wandi Wijaya serta kegiatan ini berlangsung selama satu hari. MC Kalsel/tgh

 

Sumber : MCKALSEL