Kontribusi Kominfo Pada Peringatan Harganas

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai, saat ditemui kru Media Center di ruangan kantor setempat, Senin (17/6/2019). MC Kalsel/scw 

Pemerintah Provinsi Kalsel akan menggelar Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019 yang mengusung tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

Puncak peringatan Harganas tahun 2019 akan diselenggarakan di Kota Banjarbaru pada tanggal 6 Juli 2019 dan Provinsi Kalsel tahun ini didaulat untuk menjadi tuan rumah pada acara tersebut.

Berbagai acara menarik dipersiapkan untuk meramaikan puncak peringatan Harganas tahun ini. Ada dua kegiatan utama yang akan berlangsung pada tanggal 1-6 Juli 2019, yakni puncak acara dan pameran yang dipusatkan di halaman kantor Gubernur Kalsel, serta pasar rakyat yang rencananya akan dipusatkan di lapangan Murjani Banjarbaru. Selain itu, ada berbagai seminar, camping Generasi Berencana (GenRe) BKKBN, bakti sosial Harganas, sunatan massal, donor darah, dan lain sebagainya.

Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat menyentuh semua lapisan masyarakat di Banjarbaru atau Kalsel khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.

Tujuan dari peringatan Harganas ini untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera dalam kerangka ketahanan keluarga, dan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan 8 fungsi keluarga yang terdiri dari agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial dan budaya, serta lingkungan.

Serta mewujudkan penerapan 4 pendekatan ketahanan keluarga, yakni keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya, serta keluarga peduli dan berbagi.

Maka dari itu, Dinas Kominfo Provinsi Kalsel berperan penting untuk menyebarluaskan informasi melalui videotron yang terletak di Mahligai Pancasila Banjarmasin, siaran radio Abdi Persada Banjarbaru serta running teks perihal informasi tentang Hari Keluarga Nasional yang dirangkaikan dengan acara minum susu bersama, cerita untuk anak dan IVA test.

“Berkenaan dengan penguatan sinyal di lingkungan Pemprov Kalsel yang dulunya hanya Base Transceiver Station (BTS) , namun sekarang antena yang berada disamping kantor Penelitian, dan pengembangan (Litbang) sudah berfungsi, mudah – mudahan jangkauan sinyal semakin luas,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai, saat ditemui kru Media Center di ruangan kantor setempat, Senin (17/6/2019). MC Kalsel/scw

Sumber : MCKALSEL