Diskominfo Kalsel Siap Luncurkan “Reva”, Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi COVID-19

Kepala Diskominfo Kalsel, GT Yanuar Noor Rifai, Banjarbaru, Jumat (10/9/2021). MC Kalsel/Jml

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalimantan Selatan (Kalsel) siap meluncurkan aplikasi pendaftaran vaksinasi COVID-19 yang dirancang bersama Dinas Kesehatan Kalsel.

Rencananya, aplikasi tersebut akan diluncurkan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam waktu dekat. Menunggu waktu peluncuran, Diskominfo Kalsel akan melakukan sosialisasi kepada Diskominfo Kabupaten/Kota se-Kalsel agar bisa digunakan secara merata.

Kepala Diskominfo Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai mengatakan aplikasi pendaftaran vaksinasi COVID-19 dirancang untuk meminimalisir terjadinya kerumunan masyarakat saat ingin melakukan vaksinasi COVID-19.

“Nama aplikasinya adalah Reva (Registrasi Vaksin), aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendaftar program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah,” kata Rifai, Banjarbaru, Jumat (10/9/2021).

Rifai menjelaskan, pendaftaran vaksinasi melalui aplikasi REVA sangat mudah, masyarakat bisa scan barcode atau klik link yang nantinya disediakan oleh Diskominfo Kalsel.

“Nantinya, barcode dan link ini akan kami bagikan melalui flyer di media sosial. Kemudian setelah melakukan pendaftaran di aplikasi Reva ini masyarakat tinggal datang ke tempat pelaksanaan vaksin untuk diperiksa kesehatannya, dan disuntik vaksin COVID-19,” ujar Rifai.

Dengan adanya aplikasi REVA, Rivai berharap pelayanan vaksinasi COVID-19 bisa lebih cepat, dan ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan kertas saat pendaftaran manual.

“Jadi nanti pelayanan vaksinasi bsia lebih cepat, tanpa kertas, dan kerumunan antrean bisa diminimalisir,” tukas Rifai. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc