LAPOR! Paman Wujudkan Pelayanan Publik Yang Lebih Baik Di Kalsel

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim (kiri) pada sosialisasi LAPOR! Paman di Pasar Terapung Lok Baintan. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel melaksanakan sosialisasi aplikasi LAPOR! Paman kepada masyarakat pinggiran sungai Martapura.

Dibalut dengan tema “LAPOR! Susur Sungai”, langkah ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan keluhannya guna mewujudkan pelayanan publik di Kalsel yang lebih baik.

Sosialisasi juga dilakukan di dua kawasan wisata Kalsel, yakni pasar terapung Lok Baintan dan wisata alam Pulau Kembang yang menyasar penjual, pengunjung atau wisatawan di kawasan wisata tersebut.

“Ini merupakan sebuah kebijakan dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin yang menginginkan seluruh lapisan masyarakat turut membangun Banua,” kata Muslim, Minggu (11/12/2022).

Muslim menjelaskan, aplikasi LAPOR! Paman  sendiri bisa digunakan oleh masyarakat yang ingin memberikan saran, masukan, dan kritik kepada Pemprov Kalsel.

Dimana sejak 2019 hingga 2022 saat ini laporan yang masuk melalui aplkasi sudah lebih dari seribu.

“Aplikasi LAPOR! Paman sendiri sejatinya sudah dijalankan sejak 2017 lalu, dan sampai saat ini sudah ada ribuan laporan yang masuk. Berkat keaktifan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan keluhannya melalui aplikasi LAPOR! Paman, Pemprov Kalsel juga pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PAN-RB,” tutur Muslim.

Lebih jauh Muslim menjelaskan, adapun laporan masuk yang paling banyak selama ini adalah terkait infrastruktur seperti jalan, pendidikan, kesehatan dan kebudayaan.

“Laporan yang lain juga banyak masuk, tapi tidak sebanyak soal infrastruktur ini,” singkat Muslim.

Muslim menegaskan, setiap laporan yang masuk semuanya pasti direspon oleh petugas penghubung, agar bisa segera ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

“Setelah direspon, lalu dicarikan solusinya. Apa yang menjadi alternatif keluhan, saran dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui Aplikasi LAPOR! Paman ini,” ujar Muslim.

Selain diikuti sejumlah jajaran Diskominfo Kalsel dan pejabat penghubung dari SKPD Pemprov Kalsel, kegiatan LAPOR Susur Sungai ini juga turut diikuti oleh sejumlah perwakilan dari Kementerian PAN-RB. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc