Pelaksanaan Kegiatan Penyelenggaraan Pengelolaan urusan bidang statistik sektoral antara pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten Kota serta Badan Pusat Statistik daerah guna memantapkan peran unit statistik sektoral daerah

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan pertemuan sosialisasi pembinaan urusan bidang statistik sektoral daerah. Pertemuan tersebut dihadiri 13 perwakilan SKPD Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.

“Pelaksanaan Kegiatan Penyelenggaraan Pengelolaan urusan bidang statistik sektoral antara pemerintah daerah Provinsi dan Kabupaten Kota serta Badan Pusat Statistik daerah guna memantapkan peran unit statistik sektoral daerah”, terang Gt. Yanuar Noor Rifa’i, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Selatan di hotel Grand Dafam, Jl. Ahmad Yani KM.36 No.8, Komet , Banjarbaru Utara, Kamis (20/9).

Pertemuan kegiatan sosialisasi pembinaan urusan statistik sektoral daerah ini penting untuk dilaksanakan, pertama sebagai wujud hubungan kerjasama yang baik antar unit statistik di daerah dalam hal ini unit statistik di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota dalam upaya koordinasi pengolahan data statistik sektoral, kedua penyamaan persepsi untuk mewujudkan pengelolaan statistik sektoral daerah.

Pertemuan sosialisasi pembinaan urusan bidang statistik sektoral daerah ini menghadirkan narasumber Ir. Ober Tua Butar Butar dari Kementerian Dalam Negeri, Ulah Tri Wibowo, S.Si, M.Si dari Badan Pusat Statistik Pusat, Rahmiyanti, ST, MA dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, dan Drs. Gusti Yanuar Noor Rifa’I, M.Si dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Selatan serta selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Selatan.

“Kami mengharapkan ada kegiatan bimbingan teknis pengelolaan statistik sektoral dikarenakan sumber daya manusia  (SDM) pengelolaan urusan statistik sektoral masih kurang,” kata dia.

Kepala Dinas Kominfo Berikan Ucapan Selamat

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifa’i (kanan) memberikan ucapan selamat kepada 17 Pejabat Struktural yang dilantik terdiri dari 7 Pejabat Eselon III dan 10 Pejabat Eselon IV di Lingkungan Pemprov Kalsel di Ruang Rapat H Aberani Sulaiman Kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (17/7).

Bimtek Lapor SP4N, Diskominfo Kalsel Tingkatkan Layanan Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel mengelar acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Opini Publik Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Tahun 2018 di Aula Hotel Tree Park Banjarmasin, Kamis (26/7).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Rifa’i dalam laporannya mengatakan bimtek ini bertujuan untuk menambahkan pengetahuan bagi pelayanan publik, khususnya pelayanan publik di lingkungan Pemprov Kalsel.

Oleh karena itu melalu tim informasi dan teknologi (IT) kami terus menyempurnakan aplikasi Lapor Paman sebagai satu kesatuan yang terintegrasi dengan Aplikasi Lapor Nasional di Kementerian Aparatur dan Reformasi Birokrasi RI.

Yanuar mengatakan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi, terkait upaya peningkatan pelayanan publik bisa mengirimkan pesan melalui SMS ketik ke 1708 Lapor Paman (Spasi) isi aduan atau melalui www.lapor.go.id

Sementara itu semua SKPD di lingkungan Pemprov Kalsel kini telah bekerja optimal untuk melahirkan inovasi dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sesuai bidang dan tugas instansi.

“Berinovasi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik sejalan dengan misi kelima Pemprov Kalsel yaitu Mewujudkan tata kelola pemerintah yang profesional dan berorientasi pada pelayanan publik,” katanya.

Selanjutnya pengelolaan layanan pengaduan rakyat milik Pemprov Kalsel ini sebelumnya mendapat apresiasi kementerian pendayagunaan aparatur dan reformasi birokrasi (Kemenpan BR) RI.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Pemprov Kalsel dalam menindaklanjuti Undang – undang No 25/1999 tentang pelayanan publik,”tandasnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makie mengatakan masyarakat harus memanfaatkan ini dengan sebaik – baiknya tentu dengan prosedur tetap (protap) yang sudah baku atau sudah ada artinya tidak menggunakannya untuk kepentingan – kepentingan yang sembarangan.

Oleh karena itu kita berharap ini juga bisa menjadi sebuah kanal atau sebuah rambu – rambu bagi aparatur Pemerintah yang memberikan pelayanan publik untuk berkerja dengan sebaik – baiknya, memanfaatkan kewenagannya sesuai aturan yang berlaku.

“Berikan pelayan terbaik kepada masyarakat dan insaallah tidak ada laporan – laporan yang akan disampaikan masyarat, tetapi masyarakat harus di didik bahwa tidak semua hal yang tentu ada kaitannya dengan pelayanan publik dilaporkan kepada Aplikasi ini,” tutur Sekda.

Sementara itu ada dua hal yang perlu diperhatikan, pertama disisi pemerintah aparatur pelayanan publik harus memperbaiki diri memperbaiki sistem pelayanannya, betul – betul memberikan pelayanan kepada masyarakat, sedangkan disisi lain masyarakat harus diberikan edukasi dimana memberikan laporan yang baik, beretika dan lain sebagainya tentu tidak menggunakan asumsi – asumsi dan harus ada data yang falid atau benar.

(Foto) Layanan Internet Gratis M-CAP Diskominfo Kalsel

Siswa – siswi SMP Negeri 4 Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar memanfaatkan layanan internet gratis yang disediakan oleh Diskominfo Provinsi Kalsel usai Acara Literasi Media Melalui Sarana dan Prasarana Komunikasi Publik Mobile Community Akses Point (M- CAP) Tahun 2018, Sabtu (24/3). Siswa – Siswi ini mengaku sangat senang dengan adanya M-CAP terutama untuk mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara umum.

(Foto)Kabid E-Government Serahkan Hadiah

Kepala Bidang E-Government Diskominfo Provinsi Kalsel, H. Bahrom Majie (Kiri) memberikan bingkisan hadiah kepada salah satu siswa SMK Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Fajar (Kanan) pada acara Pelatihan Teknis dalam Bidang Sumber Daya Komunikasi Publik IT CAMP dengan tema Peningkatan Literasi Digital dan Pengembangan IT Banua di Pantai Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (7/4). Fajar menerima hadiah dari H. Bahrom Majie dikarenakan berani bertanya.