Kontribusi Media Majukan Banua

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim. MC Kalsel/dok

Pemerintah dan media memiliki hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Pemerintah membutuhkan media untuk menyampaikan informasi sekaligus mengukur respons masyarakat terhadap berbagai kebijakan, sementara media membutuhkan pemerintah sebagai sumber informasi.

Selaku Humas pemerintah, Kepala Dinas Kominfo Kalsel, M Muslim, mengapresiasi peran media dalam mendiseminasikan informasi pembangunan ke masyarakat, terlebih di tengah perkembangan teknologi yang kemudian melahirkan media baru, seperti media online dan media sosial.

“Media konvensional saat ini sudah banyak yang memiliki media online sebagai bentuk adaptasi di era digital, sehingga memungkinkan informasi menyebar lebih cepat. Berdasarkan monitoring kami khusus di media online, rata-rata ada seribu lebih berita terkait Pemprov Kalsel setiap bulannya. Dengan informasi yang disampaikan, media turut berkontribusi memajukan Banua,” kata Muslim, Banjarbaru, Rabu (7/9/2022).

Saat ini, Muslim mengatakan, Kalsel tengah bersiap menyelenggarakan MTQ Nasional XXIX yang sudah semakin dekat. Tentunya, perlu peran serta media agar event yang menghadirkan Qari dan Qariah terbaik negeri ini bisa diketahui oleh masyarakat.

“Kami berkolaborasi dengan media lokal dan nasional untuk menggaungkan MTQN ke-29 yang digelar 10 sampai 19 Oktober ini, di Banjar, Banjarbaru, dan Banjarmasin. Promosi telah dilakukan sejak beberapa bulan lalu, dan saat pelaksanaan nanti kami juga menyediakan stan Media Center di Kiram, asrama haji, dan lokasi expo MTQ untuk mempermudah wartawan melakukan peliputan,” ucap Muslim.

Muslim mengatakan, relasi dengan media maupun organisasi yang menaungi media harus terus dijaga, supaya komunikasi pemerintah dan masyarakat bisa berjalan baik. Di sisi lain, relasi yang baik juga bisa membantu mencegah dan mengatasi hoaks yang beredar di masyarakat, sebagai dampak kemajuan teknologi yang tidak dimanfaatkan dengan bijak.

“Ada beberapa organisasi terkait media di Kalsel, seperti Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Millenials Cyber Media (MCM) yang baru saja memiliki kepengurusan baru. Mudah-mudahan, kami bisa bersinergi membangun Kalsel makmur, sejahtera, dan berkelanjutan dengan dukungan media,” kata Muslim. MC Kalsel/AY

SUMBER : diskominfomc