Diskominfo Kalsel Terus Matangkan Publikasi Dan Sosialisasi MTQ Nasional

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, M Muslim (tengah) di acara Banua Bicara TVRI Kalsel. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) terus mematangkan segala bentuk persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 yang akan dimulai pada 10 sampai 19 Oktober mendatang.

Melalui salah satu siaran televisi, Kepala dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Muhammad Muslim mengatakan, sebagai penanggung jawab dibidang publikasi, dokumentasi dan penyiaran, telah melakukan sejumlah upaya sosialisasi salah satunya pembuatan akun media sosial untuk menyosialisasikan profil tiga kabupaten/kota yang menjadi venue pelaksanaan dan berbagai testimoni dari pejabat pimpinan daerah, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

“Selain Bapak Gubernur, kami juga minta testimoni kepada pimpinan daerah yang lain, para menteri, dan tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga para pesohor tanah air untuk menyosialisasikan event MTQ Nasional ke-29 di Kalsel. Jadi, sudah jauh hari kita lakukan upaya sosialisasi ini diberbagai platform media sosial,” kata Muslim, Rabu (28/9/2022).

Selain melalui platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube MTQ Kalsel, Muslim menjelaskan, sosialisasi dan promosi juga dilakukan dengan memanfaatkan media luar ruang seperti baliho dan spanduk yang sudah banyak terpasang di 13 kabupaten/kota.

“Tidak hanya pemerintah daerah, kami juga meminta kepada UPT-UPT vertikal di Kalsel, kementerian-kementerian wilayah Kalsel, bahkan pariwisata dan perhotelan, serta pihak perusahaan untuk menyemarakkan sosialisasi dan promosi MTQ Nasional ke-29 ini,” tutur Muslim.

Muslim menambahkan, juga akan meluncurkan sebuah website khusus yang akan memuat berbagai informasi terkait pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 seperti, lokasi dan jumlah venue, dan kategori lomba pada perhelatan MTQ Nasional tersebut.

“Dalam waktu dekat kami akan melaunching website dengan nama mtq29.kalselprov.go.id yang bisa diakses seluruh masyarakat untuk mengetahui segala bentuk informasi,” jelas Muslim.

Lebih jauh Muslim menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan siaran langsung dengan menggandeng stasiun televisi TVRI Nasional agar seluruh masyarakat Indonesia bisa menyaksikan pembukaan MTQ Nasional ke-29 ini.

“Tidak hanya TVRI Nasional, kita juga telah meminta bantuan kepada Kementerian Kominfo RI supaya stasiun televisi yang lain bisa meliput secara langsung perhelatan pembukaan MTQ Nasional ini,” ucap Muslim.

Diskominfo Kalsel, lanjut Muslim, juga akan menyiapkan media center untuk memfasilitasi para wartawan yang akan melakukan peliputan rangkaian kegiatan MTQ Nasional ke-29 tersebut.

Sementara itu, Koordinator Bidang Umum dan Protokol Setdaprov Kalsel, Widi Gunawan mengatakan, dalam rangka menyemarakkan perhelatan MTQ Nasional ke-29, Pemerintah Provinsi Kalsel juga akan menyelenggarakan sejumlah lomba-lomba menarik yang bisa diikuti oleh masyarakat.

“Jadi nanti juga akan dilaksanakan lomba-lomba seperti lomba foto dan videografi durasi dua menit. Lomba ini bertujuan agar event MTQ Nasional ke-29 ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Untuk detail teknis lomba kami akan diskusikan lebih lanjut lagi dengan Bapak Muslim,” kata Widi.

Terkait serimonial pembukaan, Widi menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kalsel telah menyiapkan sejumlah rangkaian event menarik, salah satunya pawai ta’aruf di Sungai Martapura Kota Banjarmasin dan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

“Pawai ini kita lakukan untuk mengenalkan  budaya kota seribu sungai dan keindahan kita Martapura kepada kafilah yang datang ke Kalsel. Apalagi Bapak Gubernur sendiri sangat memperhatikan sekali terhadap pelaksanaan event MTQ ini,” tutur Widi. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc