BMKG Gelar SLI Bersama Insan Media Kalsel

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan edukasi terhadap informasi iklim kepada masyarakat Kalimantan Selatan melalui Sekolah Lapangan Iklim (SLI) Tematik di aula kantor Dinas Kominfo Kalsel di Banjarbaru.

Perekayasa Utama Pusat Layanan Informasi Terapan BMKG Pusat, Urip Haryoko sambut gembira pelaksanaan SLI kali ini yang melibatkan insan pers serta jajaran dari instansi terkait, akademisi dan organisasi kemasyarakatan.

“Sebenarnya sudah lama kami bermitra dengan media, ini kita mengajak untuk dapat bersinergi mendiseminasikan informasi iklim, agar wartawan itu juga memahami informasi dengan benar,” ujar Urip usai membuka SLI, Selasa (8/10//2024).

Ia juga berharap, kehadiran insan pers kiranya bisa menyampaikan informasi itu dengan cepat dan mudah dipahami oleh masyarakat, sebab biasanya informasi yang disampaikan oleh BMKG itu sifatnya teknis.

Kiranya, puluhan rekan-rekan wartawan yang mengikuti SLI kali ini dapat menerjemahkan informasi tersebut menjadi bahasa yang lebih mudah kepada masyarakat.

“Kemudian juga kadang terjadi penggunaan bahasa yang bombastis, ini juga yang perlu kita sampaikan agar tidak terlalu meresahkan masyarakat,” imbuhnya.

SLI telah dilakukan sejak belasan tahun yang lalu, hanya saja melibatkan masyarakat seperti petani dan nelayan, namun kali ini melibatkan wartawan.

“Dengan adanya informasi dari BMKG, masyarakat dapat mengetahui dan dapat memanfaatkan untuk memutuskan langkah selanjutnya dalam kegiatan sektoral, seperti petani dan nelayan untuk menunjang aktivitasnya, kemudian penanggulangan bencana sehingga BPBD dapat bersiap siaga,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

SUMBER : diskominfomc