Lapor Paman Harumkan Banua

BATAM, Seakan tak mau ketinggalan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalsel yang lebih dulu menorehkan prestasi nasional dalam beberapa bulan terakhir ini, Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, turut mengharumkan Banua.

Iniasisi cerdas dalam mengelola pengaduan pelayanan publik sebagaimana diamanatkan Undang Undang No 25/2009, tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 39 Tahun 2018, Dinas Kominfo Kalsel melalui Inovasi Lapor Paman, berhasil masuk dalam TOP 25 Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) 2018 melalui aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat)

Penghargaan diserahkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa kepada Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan , di Hotel Harmoni One Kota Batam, Senin (10/12).

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada kementerian, BUMN dan pemerintah provinsi, kabupaten, kota yang pada hari ini dianugerahi piagam penghargaan . Ini merupakan salah satu bukti keseriusan dalam mengelola SP4N ” ucap Diah Natalisa, saat memberikan sambutan di acara penyerahan piagam penghargaan.

Diah merincikan, Kementerian, BUMN, Provinsi, Kabupaten/Kota yang masuk dalam TOP 25 SP4N tersebut adalah, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenpan RB, Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Di tingkat provinsi tercatat, Pemerintah Provinsi Kalsel, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan dan Jawa Tengah. Untuk tingkat pemerintah kabupaten/kota tercatat, Banjarmasin, Cirebon, Bandung, Solok, Medan, Banjarbaru, Sukabumi, Ambon, Malang,, Bojonegoro, Banyuwangi, Bulukumba, Kendal. Sedang dari BUMN, BPJS Kesehatan dan PT Pos Indonesia.

Di antara instansi yang ditetapkan masuk dalam TOP 25 Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, terangnya, sepeuluh di antaranya telah ditetapkan masuk pada TOP 10 terbaik Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik 2018.

Diah menjelaskan, tujuan SP4N di antaranya agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik.

Sementara Wakil Gubernur H Rudy Resnawan mengatakan, torehan prestasi nasional berupa TOP 25 melalui Program SP4N Lapor Paman merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah daerah untuk memberi ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi pelayanan publik.

“Mari kita terus sempurnakan aplikasi pelayanan laporan pelayanan publik ini agar semakin terintegrasi mudah, cepat dan tepat. Dan tentunya lebih cepat pula dalam merespon apa yang diharapkan masyarakat,” harapnya.

Sementara Chairun Ni’mah, Kepala Seksi Pengelolaan Opini Publik Bidang Komunikasi Publik Diskominfo Kalsel menambahkan, pihaknya akan terus menyempurnakan aplikasi untuk layanan aspirasi dan pengaduan masyarakat . Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan aspirasi silakan melewati kanal LAPOR dengan format LAPORPAMAN (spasi) isi aduan kirim ke 1708 atau lewat website www.lapor.go.id. Humas Prov – Mc Kalsel