Wujudkan Smart Government, Diskominfo Kalsel Siapkan Infrastruktur Jaringan Fiber Optik

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim. MC Kalsel/Jml

Dalam rangka mewujudkan smart government di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel telah menyiapkan infrastruktur jaringan fiber optik.

Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim mengatakan, pemasangan infrastruktur fiber optik sendiri dilakukan di tiga kluster, diantaranya kluster satu yang mencakup perkantoran Gubernur Kalsel di Banjarbaru yang terdiri dari 16 unit.

“Sementara ini yang sudah terkoneksi ada 10 unit, tinggal 6 unit yang belum. Jika semua jaringan ini sudah terkoneksi, akan memudahkan kita dalam berbagi data dengan lebih cepat, dan minim gangguan,” kata Muslim, Banjarbaru, Rabu (11/1/2023).

Kemudian kluster dua, lanjut Muslim, pihaknya akan mengarahkan jaringan dari kluster satu ke perkantoran-perkantoran Pemprov Kalsel di Kota Banjarbaru yang ada di luar dari komplek Perkantoran Gubernur Kalsel, dan yang kluster tiga yakni di luar Banjarbaru yang mengarah ke Banjarmasin.

“Tidak hanya itu, kita juga memfasilitasi kawan-kawan di Banjarbakula untuk mengoneksikan jaringan pertukaran data mereka, dan dalam rangka pelayanan publik digital yang lebih baik lagi,” tutur Muslim.

Muslim sendiri menargetkan, 2023 ini konektivitas di kluster pertama sudah beres, sehingga dapat mewujudkan pelayanan publik berbasis digital yang lebih baik.

“Kita berharap tidak hanya itu, tetapi semua konektivitas yang berkaitan dengan smart government bisa terwujud. Jadi infrastruktur jaringan ini kita siapkan betul-betul,” ucap Muslim. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc