Diskominfo Kalsel Bagikan Tips Keamanan Informasi Dan Pencegahan Serangan Siber Pada Bimtek Pengelolaan Website

Suasana Bimtek Pengelolaan Website di Banjarmasin, Senin (4/9/2023). MC Kalsel/Jml

Dalam rangka meningkatkan keaktifan website lingkup SKPD, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Website.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 115 peserta pengelola website dan konten SKPD lingkup Pemprov Kalsel ini dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Kalsel, Muhamad Muslim.

Dalam kesempatannya Muslim mengatakan, melalui kegiatan tersebut pihaknya ingin membagikan tips pengelolaan website yang baik, bagus, serta informatif.

“Selain itu, pada kegiatan ini kami juga membagikan tips terkait keamanan informasi, agar website yang dikelola oleh SKPD di lingkup Pemprov Kalsel tidak gampang terkena serangan siber,” kata Muslim, Banjarmasin, Senin (4/9/2023).

Menurut Muslim, di era digitalisasi website memiliki peran penting bagi suatu SKPD untuk menyampaikan kinerjanya kepada masyarakat.

Untuk itu, dia mengimbau kepada seluruh SKPD lingkup Pemprov Kalsel untuk lebih optimal dalam mengelola website instansinya.

“Kita harus update terus informasi yang ada di website kita, sehingga masyarakat yang mengakses juga mendapatkan informasi yang terbaru” tuturnya.

Berdasarkan data Diskominfo Provinsi Kalsel, Muslim menuturkan, bahwa sampai saat ini masih ada sejumlah website SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel yang kurang aktif dalam mengupdate informasi websitenya. Bahkan tidak sedikit pula SKPD yang hosting server website tidak ke Diskominfo.

Padahal, lanjut Muslim, sesuai dengan regulasi baik dari peraturan Kementerian Kominfo maupun Pergub Kalsel, Diskominfo memiliki peran untuk mengawal pengelolaan website ini

Untuk itu, kedepan pihaknya akan melakukan monitoring evaluasi terkait pengelolaan website di masing-masing SKPD.

“Untuk itu, kedepan kita akan optimalkan peran kita sebagai pengawal pengelolaan website di daerah. Kita juga memastikan domain dan hosting yang kita sediakan aman” tegasnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada SKPD yang mengelola websitenya dengan baik, Diskominfo Kalsel juga akan memberikan apresiasi berupa penghargaan.

“Setelah kita lakukan evaluasi, hasil tersebut akan kita sampaikan kepada Gubernur, dan kita akan berikan apresiasi penghargaan bagi SKPD yang sudah mengelola websitenya dengan baik” tukasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc