Dinas Kominfo Kalsel Akan Berikan Bantuan Internet Satelit

Tim Dinas Kominfo Prov Kalsel melakukan survei di Desa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Senin (30/10/2023). MC Kalsel/Fuz

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan (Diskominfo Kalsel), Muhamad Muslim menindaklanjuti aspirasi masyarakat melalui Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor saat melakukan Turdes Menembus Batas 9 pada tanggal 3 Agustus 2023 lalu.

“Iya, kemarin kita sudah melakukan survei, ini salah satu realisasi yangsegera kita lakukan setelah bapak gubernur menerima permintaan masyarakatterkait dengan koneksi layanan komunikasi, salah satunya di daerah ujung baratdaya Banua kita ini,” sebutnya, Selasa (31/10/2023).

Bantuan Pemprov Kalsel melalui Dinas Kominfo ini akan dilakukan pemasanganinternet satelit di Desa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten BaritoKuala (Batola).

Muhamad Muslim mengarahkan kepada Bidang Aplikasi Informatika untuk segeramelakukan pengecekan langsung di desa tersebut sekaligus koordinasi dengan kepala desa termasuk aparatur desa untuk penyaluran bantuan ini nantinya.Kuala Lupak, desa paling ujung di sisi barat daya Provinsi Kalsel, sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah kemudian arah selatan adalah laut lepas atau Laut Jawa. Akses transportasi menuju desa, jalur air maupun darat bisa, tapi untuk darat hanya bisa dijangkau dengan roda dua.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Ahmad Dadang Sugian Noor menyebutkan jika tahapan ini dilakukan diawali dengan survei, ini untuk menentukan titik pemasangan alat internetnya.

“Setelah kita survei, penempatan alat rencananya akan dipasang di kantordesa yang letaknya berada di RT 01, persis di tengah kampung yang diharapkansebagai titik terbaik untuk mengakses informasi bagi masyarakat,” terang Dadang, Senin (30/10).

Saat melakukan survei dan koordinasi, Kepala Seksi Infrastruktur Bidang Aplikasi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalsel, Maisarah Syarqawie menyebutkan jika kondisi layanan telekomunikasi masyarakat memangsulit, ironisnya akses ini sulit di tengah zaman digital.

“Kami dari Diskominfo Kalsel akan memfasilitasi dengan fasilitas internet satelit agar warga di desa Kuala Lupak ini terakomodir untuk mengaksesdan mengembangkan internetnya,” kata Maisarah.

Ia juga berharap dalam tahapan survey, akan segera ditindaklanjuti dengan menentukan vendor dan mudah-mudahan tidak ada halangan dalam waktu dekat akan segera kita lakukan pemasangan alat internet satelitnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuala Lupak, Junaidi mengapresiasi upaya Pemprov Kalsel dalam merealisasikan aspirasi dari warganya yang masihterbelakang akan koneksi internet.

“Kami atas nama warga desa sangat berterima kasih atas kunjungan tim dari DiskominfoKalsel, semoga aspirasi kami ini dilancarkan agar koneksi dapat dinikmati dandapat berhubungan dengan keluarga di Banjarmasin dengan baik,” ujar Junaidi. MCKalsel/Fuz

SUMBER : diskominfomc