Pemprov Kalsel Terus Kawal Arsitektur Dan Peta Rencana SPBE

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kegiatan tersebut diikuti seluruh perwakilan SKPD lingkup Pemprov Kalsel dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Dalam kesempatannya, Roy mengimbau agar Diskominfo Provinsi Kalsel dapat menyiapkan pola kerja sama untuk membangun infrastruktur jaringan agar tidak terlalu membebani APBD.

Selain itu, Dia juga mendorong agar Diskominfo Provinsi Kalsel menyiapkan rencana induk (grand desain) SPBE untuk lima sampai sepuluh tahun kedepan.

“Dari situ akan terlihat tugas dan tanggungjawabnya, selain itu kita juga bisa melakukan mitigasi resikonya. Jika rencana induk ini sudah jelas baru ini bisa kita kawal bersama,” kata Roy, Banjarbaru, Kamis (23/11/2023).

Lebih jauh, Roy menegaskan agar Diskominfo juga turut menyiapkan agen-agen pendamping ke SKPD yang melakukan monitoring perkembangan SPBE di setiap SKPD.

“Harus ada pejabat atau fungsional yang bertanggung jawab terhadap SKPD tersebut. Saya harapkan di Diskominfo ada petugas yang mendampingi SKPD-SKPD yang bertanggungjawab terhadap kemajuan SPBE SKPD tersebut, sehingga terlihat petanya, mana SKPD yang perkembangan SPBE baik dan mana yang belum, dan ini bisa menjadi bahan evaluasi pimpinan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, M Muslim mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan upaya percepatan dalam menyiapkan aristektur infrastruktur yang berkaitan dengan SPBE.

Muslim juga mengaku siap untuk menjalankan saran-saran yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar.

“Dalam satu tahun terkahir peningkatan indeks SPBE kita sudah cukup baik, meskipun masih ada kekurangan. Tahun depan kita akan menyiapkan dengan baik agar sistem informasi yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel bisa terintegrasi dan dapat menjangkau berbagai subjek pelayanan publik kita,” pungkas Muslim. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc