Pemprov Kalsel Targetkan Indeks SPBE Pada Kategori Sangat Baik Di 2024

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel terus berupaya meningkatkan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muslim diwakili Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika (Aptika), Ahmad Dadang Sugian Noor menyebutkan, bahwa indeks SPBE Provinsi Kalsel pada tahun 2023 lalu berada pada kategori baik atau sebesar 2,69 poin.

Nilai tersebut, menurutnya, masih bisa naik pada tahun 2024 ini. Untuk itu pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel.

“Selain itu kami juga menyusun Peraturan Gubernur dan Surat Keputusan Gubernur terkait domain yang ada pada SPBE tersebut agar lebih optimal,” katanya, Banjarbaru, Senin (15/1/2024).

Lebih jauh, Dadang menuturkan, bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan Kementerian PAN-RB untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang berkaitan dengan SPBE di seluruh SKPD lingkup Provinsi Kalsel.

“Dari hasil evaluasi tersebut kita masih mengalami kendala sistem yang ditangani masing-masing SKPD. Untuk itu, kita meminta kepada masing-masing SKPD untuk menetapkan penanggung jawab sistem agar mudah dalam berkoordinasi dalam rangka meningkatkan indeks SPBE kita,” jelasnya.

Di 2024 sendiri, Dadang mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan nilai indeks SPBE Provinsi Kalsel masuk dalam kategori sangat baik atau dengan nilai 3 sampai 3,5 poin.

“Kita akan maksimalkan hingga angka 3 atau 3,5 dan bisa masuk dalam kategori sangat baik, karena masih banyak potensi yang bisa kita penuhi. Untuk itu, kami akan terus berkoordinasi dengan seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc