Paparkan Program Prioritas, Diskominfo Kalsel Ikuti Rakor Prioritas SKPD Tahun 2024

Dinas Komunikasi dan Informatikan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti rapat koordinasi proyek Prioritas SKPD tahun 2024 di Ruang Rapat P.M Noor Kantor Setda Banjarbaru, Selasa (27/2/2024).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim Tenaga Ahli Gubernur (TAG), Noor Aidi dan Anggotan TAG lainnya. Kegiatan ini dihadiri Dinas PUPR, Biro Adpim, Bappeda, dan Inspektorat.

Usai rapat, Kepala Dinas Kominfo Kalsel Muhammad Muslim mengatakan dari hasil rapat banyak diberikan masukan terhadap program prioritas Diskominfo yang dapat dikembangkan ada tiga urusan yaitu pertama urusan Informasi dan Komunikasi, kedua urusan statistik dan ketiga urusan keamanan persandian.

“Salah satu fokus utama Diskominfo Kalsel saat ini adalah bagaimana dapat memanfaatkan satu data secara optimal untuk mendukung program prioritas SKPD tahun 2024, terutama dalam hal integrasi data antar variabel untuk menghasilkan alternatif kebijakan yang lebih baik,” kata Muslim.

Menurutnya, pemanfaatan data yang akurat dan terintegrasi antar variabel dapat memberikan informasi yang berharga bagi pimpinan dalam membuat keputusan strategis.

Sebagai contoh, data tentang tingkat stunting di suatu wilayah dapat menjadi dasar bagi pimpinan untuk menentukan intervensi yang diperlukan, seperti memperbaiki pasokan air bersih atau menjamin ketersediaan pangan bagi ibu hamil.

“Tergambar bahwa integrasi data antar variabel dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kebutuhan di suatu daerah, untuk kemudian merancang program atau intervensi yang lebih tepat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Diskominfo Kalsel memandang perlunya pemanfaatan data secara optimal untuk mendukung program prioritas SKPD tahun 2024, terutama dalam hal integrasi data antar variabel. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang lebih akurat dan terpadu bagi pimpinan dalam membuat keputusan strategis di berbagai bidang.

Hal ini tentunya membutuhkan kerjasama lintas instansi dan optimalisasi teknologi informasi yang ada. Dengan pertumbuhan digital yang semakin pesat, pemanfaatan data secara optimal menjadi kunci utama keberhasilan program pemerintahan, terutama dalam mendukung ketercapaian program prioritas SKPD tahun 2024,” ungkapnya.

Selain memberikan masukan kata Muslim Tim Tenaga Ahli Gubernur (TAG) juga memberikan apresiasi terhadap capaian ditahun 2023 baik itu yang berkaitan dengan penghargaan top digital award, Merdeka Award, Top Leader on Digital Implementation 2023, Indonesia Persada.id award dan Badan Publik dengan kualifikasi menuju informatif.

“Dari hasil capaian di tahun 2023 tersebut memicu Diskominfo untuk lebih bersemangat dan meningkatkan kinerja agar program ditahun 2024 dapat lebih baik,” tutupnya. MC Kalsel/tgh

SUMBER : diskominfomc