Diskominfo Kalsel Terima Kunjungan Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur

Kedatangan rombongan Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan ini diterima oleh Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim didampingi Sekretaris Diskominfo Provinsi Kalsel, Hairuraji, Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Ahmad Dadang Sugiannoor dan Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi, Sucilianita Akbar.

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka studi komparasi terkait digitalisasi dalam mewujudkan pembangunan desa pintar, desa ceria, dan desa digital yang mana dalam prosesnya membutuhkan teknologi informasi.

Dalam kesempatannya Muslim mengatakan, bahwa saat ini Provinsi Kalsel masih dalam proses transisi digitalisasi. Dan dalam prosesnya ada sejumlah desa yang telah diberikan dukungan internet satelit.

“Dukungan tersebut merupakan dorongan dari Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor agar kabupaten/kota juga bisa terlayani,” kata Muslim, Banjarbaru, Selasa (14/5/2024).

Tidak hanya itu, lanjutnya, pihaknya pun juga berupaya untuk mewujudkan area publik bebas dengan jaringan internet, yang mana hal ini tidak lepas dari dorongan Gubernur Kalsel.

“Upaya ini yang sedang kita lakukan, kami juga mendorong agar platform pelayanan publik ke arah digital. Kami pun masih banyak belajar dengan daerah lainnya termasuk Provinsi Jawa Timur,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, Agus Suyanto mengatakan, bahwa dalam kunjungan ini pihaknya mendapatkan banyak hal yang mungkin bisa diterapkan di daerah mereka.

“Ternyata Kominfo Provinsi Kalsel berhasil mengembangkan jaringan dan membantu banyak kalangan seperti membantu UMKM dalam sistem pembayaran uang digital, layanan kepada masyarakat juga lebih mudah, sehingga patut ditiru oleh daerah lain,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc