Bimtek ITSA, Pemprov Kalsel Tingkatkan Kompetensi Teknisi IT Diskominfo Kabupaten/Kota

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel mengadakan Bimbingan Teknis IT Security Assessment (ITSA) bagi tenaga teknisi IT Diskominfo kabupaten/kota se-Kalsel.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, M Muslim menyebutkan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi ASN bidang IT dalam menanggulangi bahaya siber yang mengintai sistem informasi pemerintahan.

“Kegiatan ini sangat penting dalam mengawal kemanan informasi agar informasi-informasi bisa dikelola dengan baik dari sisi keamanan,” kata Muslim, Banjarmasin, Selasa (4/6/2024).

Melalui kegiatan ini pihaknya ingin agar rekan-rekan Diskominfo di kabupaten/kota mampu mengelola, mencegah maupun merehabilitasi keamanan siber di daerah mereka.

Dalam melakukan pengawalan sistem siber, mereka juga diharapkan dapat berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti BSSN dan pihak Kepolisian.

Apalagi saat ini Indeks keamanan informasi Provinsi Kalsel sangat tinggi, sehingga diharapkan peran serta kabupaten/kota untuk menjaga nilai indeks keamanan informasi Provinsi Kalsel.

“Indeks keamanan informasi kita saat ini sudah diatas 3 poin, dan ini sudah sangat baik. Semoga kedepan kemampuan rekan-rekan di kabupaten/kota dalam mengawal dan mengatasi permasalah siber semakin baik, karena kita ingin semua daerah di Kalsel punya kemampuan yang sama dalam mengawal keamanan siber,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc