Koordinasi Dan Sinkronisasi Program Kegiatan, Diskominfo Kalsel Kunker Ke Tabalong

Suasana kunker Diskominfo Provinsi Kalsel ke Kabupaten Tabalong. MC Kalsel/Jml

Setelah sebelumnya melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Hulu Sungai Utara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel melaksanakan kunker ke Pemerintah Kabupaten Tabalong.

Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Diskominfo Kalsel, Muhammad Muslim ini dalam rangka koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong, sebagai bentuk tindak lanjut komitmen bersama pada Rakerda Diskominfo se-Kalsel pada Mei lalu.

Pada kesempatan ini, Muslim mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tabalong yang berhasil mengentaskan wilayah blank spot di daerahnya.

Menurutnya, keberhasilan tersebut bisa menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai kabupaten percontohan dalam penerapan pemerintahan berbasis smart city.

“Alhamdulillah wilayah atau desa yang ada di Kabupaten Tabalong ini sudah tidak ada lagi yang blank spot, sehingga dalam rangka program smart city ini sudah bisa jalan dengan baik,” tutur Muslim, Tabalong, Selasa (6/6/2023).

Musilim menambahkan, agar Pemerintah Kabupaten Tabalong juga meningkatkan keamanan sibernya dengan membentuk tim Computer Security Incident Response Team (CSIRT) sebagai upaya mencegah, menanggulangi dan menanggapi insiden keamanan siber.

“Kita mendorong agar Pemerintah Kabupaten Tabalong membentuk tim koordinasi CSIRT untuk mengawal agar keamanan informasi tetap terjaga, dan bisa diintegrasikan dengan tim CISRT di Pemerintah Provinsi Kalsel,” jelas Muslim.

Lebih jauh Muslim membeberkan bahwa pihaknya juga akan mengajak Diskominfo kabupaten/kota untuk belajar bersama-sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait prosedur keamanan siber ini.

“Kita juga akan mengajak bersama-sama untuk belajar pengelolaan keamanan siber ini dengan BSSN,” ucap Muslim. MC Kalsel/Jml

SUMBER : diskominfomc