Gubernur Kalsel Paman Birin Berikan Akses Internet Satelit Di Desa Kuala Lupak

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menyerahkan bantuan internet satelit kepada Pemerintah Desa Kuala Lupak, Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala.

Penyerahan bantuan tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari penyerapan aspirasi masyarakat setempat oleh Sahbirin Noor saat kegiatan Turun ke Desa (Turdes) bersama jajaran Forkompimda dan kepala SKPD Pemerintah Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu.

Bantuan internet satelit tersebut diserahkan Sahbirin Noor yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim kepada Kepala Desa Kuala Lupak, Junaidi di Kantor Pemerintah Desa setempat.

“Ini merupakan respon cepat pasca Turdes si Kuala Lupak sebelumnya, juga sebagai implementasi dari arahan Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel) yang sangat responsif terhadap aspirasi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Kuala Lupak tentang penyediaan jaringan internet,” kata Muslim, Barito Kuala, Senin (27/11/2023).

Desa Kuala Lupak merupakan salah satu desa terpencil di Kalsel yang masih minim dengan pembangunan infrastruktur khususnya jaringan internet.

Melihat hal tersebut Gubernur Kalsel Sahbirin Noor pun langsung memberikan arahan kepada Diskominfo Provinsi Kalsel untuk segera menindaklanjuti laporan dari masyarakat Desa Kuala Lupak tersebut.

“Alhamdulillah hari ini sudah terpasang, dan masyarakat sudah bisa menikmati jaringan internet untuk berkomunikasi,” tuturnya.

Pada pemasangan tersebut, lanjutnya, pihaknya telah menyiapkan tiga router (pembagi jaringan) di sejumlah titik yang ditentukan dengan masing-masing radiusnya 200-300 meter dengan server utama yang ada di kantor desa setempat.

“Kami yakin 1.200 penduduk Kuala Lupak bisa tercover semua dengan jaringan internet ini,” bebernya.

Dia pun berharap, dengan adanya jaringan internet ini potensi Desa Kuala Lupak seperti wisata hutan mangrove, produk hasil laut, dan potensi lainnya dapat terinformasikan kepada masyarakat nasional.

“Dengan adanya jaringan internet ini diharapkan berkembangnya potensi Desa Kuala Lupak bisa terbuka lebih luas, sehingga nanti kesejahteraan masyarakatnya juga meningkat. Karena hal ini sejalan dengan apa yang diinginkan oleh Paman Birin,” tukasnya. MC Kalsel/Jml